Jakarta (ANTARA News) - Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Pol. Condro Kirono mengatakan wilayah Jakarta Selatan siap merealisasikan dan mengoperasikan jalur khusus sepeda pada tahun 2010. "Untuk sementara wilayah yang paling di wilayah Jakarta Selatan," kata Condro Kirono melalui situs resmi Ditlantas Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat.

Pengoperasian jalur khusus sepeda ini merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berharap bisa terealisasikan pada tahun 2010, guna memenuhi keinginan para penggemar sepeda.

Condro menuturkan kepolisian siap mendukung pembangunan jalur khusus sepeda di wilayah DKI Jakarta yang digagas Gubernur Fauzi Bowo itu.

Jika Anda latest cheat fakta adalah out-of-date, bagaimana itu mempengaruhi tindakan dan keputusan Anda? Pastikan Anda tidak membiarkan penting latest cheat informasi slip oleh Anda.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan itu, Ditlantas Polda Metro Jaya melalui Sub Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) melakukan survei lokasi yang layak untuk dijadikan dan dilewati kendaraan "onthel" tersebut.

Condro menyatakan rencananya jalur sepeda akan melalui jalur trotoar yang digunakan pejalan kaki dengan cara memindahkan pot bunga, tiang lsitrik, serta pemolesan trotoar yang berlubang sehingga jalurnya khusus dan tidak disatukan dengan jalur kendaraan bermotor (reguler).

Condro menegaskan jalur sepeda tidak bisa menggunakan badan jalan karena lebar jalan terbatas dan sudah padat sehingga solusi yang memungkinkan untuk mewujudkan jalur sepeda, yakni menggunakan fasilitas pejalan kaki.

"Tim sedang melakukan studi kelayakan untuk observasi," ujar Condro seraya menambahkan pihaknya siap memberikan saran teknis kepada pemerintah setempat untuk pembangunan jalur sepeda agar tidak semrawut.

Dirlantas Polda Metro Jaya menjelaskan berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, pejalan kaki dan pengguna sepeda berhak mendapatkan haknya di jalan raya termasuk menyediakan jalur khusus untuk melintasi jalan dan perempatan.(*)